Wednesday, June 3, 2015

Catatan TDO

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang kokoh". (Q.S Ash- Shaff: 4)
********* 
Kalimat bijak lain Ali bin Abi Tholib, bahwa kebaikan yang tak terstruktur dengan rapi akan dikalahkan oleh keburukan yang rapi penataannya". Sudah jelas sekali sebab-akibatnya. Artinya jika suatu kebaikan ditata dan dikelola dengan baik maka keburukan yang dimaksudkan diatas mampu dikalahkan olehnya.

UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan internal kampus di UMRAH yag mewadahi berbagai aktivitas keislaman untuk seluruh masyarakat kampus atau  dibebeberapa kampus lain disebut LDK yang bertujuan untuk menciptakan kampus dan masyarkatnya memahami Islam secara utuh. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan berbagai perbaikan, baik kualitas sumber daya manusia (baca:kader) maupun dalam struktur keorganisasian. 

Inilah salah satu dari sekian banyak tujuan dilaksanakannya Training Dasar Organisasi (TDO) yang dilakukan beberapa hari yang lalu.

TDO ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dibuat oleh departemen kaderisasi yang wajib diikuti untuk seluruh pengurus dan kader, baik ditingkat UKMI maupun LDFnya yang telah mengikuti TK1 sebagai bekal dalam melakukan aktivitas dakwahnya dikampus.

Sekitar enam puluhan kader dari berbagai LDF mengikutinya. Selama pelaksanaan, tak hanya materi training yang diberikan, beberapa penugasan penunjang lainnya sebagai penyeimbang pun menjadi bagian dari kewajiban peserta, seperti penekanan tilawah, hafalan, riyadhoh dan lain sebagainya. Tujuannyaa adalah agar selama dan setelah TDO, kader semakin memahami bahwa hal-hal mendasar yang menjadi kunci untuk terus bergerak menebarkan dakwah dikampus adalah keseimbangan (fikriyah, jasadiyah dan ruhiyah) terpenuhi dalam diri kader-kadernya agar tak mudah goyah saat melangkah dan istiqomah.

Pelaksnaan inipun terselenggara tak lepas dari kegigihan para panitia dan instrukturnya. Jika dihitung berdasarkan jumlah, seperti tidak mungkin kegiatan ini terselenggara. Cukuplah kegigihan panitia dalam menyiapkan segalanya menjadi sejarah bagi diri mereka, bahwa mereka pernah berbuat untuk dakwah.
Semoga Allah mencatat segalanya dan menyiapkan balasan terbaik, baik peserta maupun panitia serta mengistiqomahkan kami untuk terus menapakkan kaki dijalan ini sampai diujung usia.

TDO UKMI BAHRUL 'ULUM UMRAH, 23-24 Mei 2015

0 komentar:

Post a Comment