Friday, December 12, 2014

Konsep Diri, Pentingkah?

Hidup dizaman yang penuh serba serbi itu sesuatu banget. Banyak rasa. Penuh tantangan, iya. kebahagiaan juga iya. Tapi dua rasa itu kalo bisa dijalani dengan baik, hasilnya bakalan baik juga. Bak kata pepatah, Seperti Buih dilautan. Gak punya pendirian, identitas gak jelas atau gak punya konsep diri. Sebagai makhluk Tuhan yang cerdas, pasti donk gak mau dibilang gak punya identitas. nah, kuncinya itu adalah Konsep Diri.

Sederhana, konsep diri itu bisa diartikan sebagai dasar dasar yang harus dimiliki dalam diri. dasar dasar inilah yang akan menentukan langkah dalam mengawal diri untuk menentukan jati diri. Standarisasi menjadi point yang sangat penting dalam konsep diri. Standarnya itu berupa nilai nilai terhadap keyakinan dan ajaran yang didapatkan. Kalo kita seorang muslim, maka nilai nilai nilainya adalah Islam.

Ada satu tanya, bagaimanakah menyerap islam kedalam kepribadian kita? kita simak beberapa tips berikut:

pertama, kalo ingin mempunyai konsep diri yang jelas, kita harus memahami bahwa diri kita ini adalah sebagai wadah kepribadian kita. Jadi, kalo kita udah tau kalo diri kita sebagai wadah kepribadian kita, pasti donk wadah itu kita isi dengan segala kebaikan.
kedua, mengetahui model manusia yang ideal. Teman, yang kita bahas disini adalah Konsep diri. Tepatnya konsep diri seorang muslim. Sebagai seorang muslim, kita harus memahami bahwa islam sebagai sesuatu yang harus kita isi dalam wadah itu. itulah teman, maksud dari point pertama tadi, kebaikan itu berupa nilai nilai islam.

kalo dalam al quran ada juga nih, surat at taghabun ayat 16, "bertaqwalah kepada Allah menurut kemampuan kalian". itu berarti bahwa Allah mengetahui keterbatasan kita sebagai manusia dan dalam keterbatasan itulah Allah ingin kita berislam.

Nabi juga bersabda: "Allah merahmati seseorang yang mengetahui kadar kemampuan dirinya". 
dengan mengetahui kadar kemampuan diri sendiri, kita bisa memposisikan diri secara tepat dalam berbagai situasi kehidupan.

0 komentar:

Post a Comment