Sunday, December 7, 2014

Tafsir Surat Al Fatihah




Dari beberapa referensi dapatlah sedikit ilmu tentang tafsir surat Al fatihah. Kalo gak telat datang kajian minggu lalu, bisa jadi ga kbuat nih. Tapi kemarin udah janji mau buatkan sedikit resume buat teman teman yang mau hadir tapi lagi ada agenda lain diwaktu yang sama, akhirnya dengan bermodalkan google, ketemu. Ini buat kita semua….

Al Fatihah, siapa donk yang gak tau. Bukan saja dalam kalangan pemeluk islam sendiri yang sudah memahaminya, bisa jadi dari mereka yang bukan islam, mungkin ada yang sudah fasih kalo disuruh melafalkan bacaannya. Itu artinya surat Al fatihah ini sangat popular. Tapi, kepopuleran surat ini selalu hanya sebatas menghafal dan sedikit sekali yang mencoba untuk membaca atau bahkan mempelajari tafsir surat ini. 

Surat Al Fatihah adalah surat pertama dalam al quran, yang berarti pembuka. Ia juga dinamakan Ummul Kitab (induknya kitab Al quran), Sab’ul Matsani (tujuh ayat yang dibaca berulang kali dalam sholat).

Secara umum, adahal yang lebih penting dari sekian banyak kandungan dari tafsir ini, salah satunya, Sayyid Qutb dalam Tafsir Fii Zilalil Quran menyatakan, surat Al Fatihah memuat Aqidah Islamiyah secara global, memuat konsep islam secara garis besar, memuat segenap rasa dan arahan yang mengisyaratkan hikmah dipilihnya surat ini untuk dibaca berulang ulang pada setiap raka’at dan hikmah batalnya shalat yang tidak dibacakan surat ini didalamnya.
Selain itu, surat Al Fatihah menghimpun tujuan tujuan Al Quran. Bahkan setiap makna dalam Al quran menurut Amru Bin Khalid dapat ditemukan dalamsurat ini.

Okeh, sekian dululah tentang tafsirnya walau sebenarnya sangat banyak sekali.

0 komentar:

Post a Comment